Skip to main content

Tips Mudah Memasang iklan Admob Pada Thunkable

bagi seorang publisher admob, menguasai bahasa pemrograman adalah suatu hal yang sangat penting untuk membuat aplikasi atau game. karena kode iklan admob hanya bisa di tampilkan pada aplikasi tersebut. jadi minimal kalian harus mengerti bahasa pemrograman java atau html. ada dua jenis metode yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi, yaitu secara native dan hybrid.

membuat aplikasi secara native berarti harus mengunakan bahasa pemrograman java, dan untuk tool yang digunakan adalah eclips dan android studio, ini adalah tool umum yang sangat banyak digunakan oleh developer saat ini. untuk tutorialnya kalian bisa masuk dan melihat langsung di website masing – masing tool.

sedangkan untuk metode hybrid adalah metode membuat aplikasi menggunakan bahasa html dan javascript dengan tool cordova, ionic, dll.

lalu bagaimana kalau tidak bisa atau belum bisa menguasai bahasa pemrograman tersebut??  tenang saja, saat ini sudah banyak tool pembuat aplikasi android secara online, yang tidak perlu ribet dengan bahasa pemrograman, tool – tool tersebut adalah App investor, thunkable, AppsGeyser. nah dengan tool inilah kalian bisa membuat aplikasi android untuk menjadi publisher admob. dan untuk artikel kali ini saya akan mencoba memberikan tips mudah memasang kode iklan admob pada thunkable.

  • pastikan kalian sudah mendafar dan mempunyai kode iklan admob, jika belom mendaftar silahkan masuk dan cek artikel dibawah ini.

Cara Mudah Daftar Admob dan Langsung Diterima

Cara Memebuat Kode Iklan Pada Admob Dengan Mudah

  • jika sudah mempunyai kode iklan admobnya, copy dan simpan pada notepad, agar tidak perlu lagi membuka admob jika kalian lupa kode iklanya. contoh kode iklan admob ca-app-pub-2300667258521717/4878901138
  • lalu masuk ke alamat thunkable atau klik disini, login menggunakan akun gmail kalian.

64

  • jika sudah masuk dalam halaman utama thunkalenya, klik create new app, isikan nama aplikasi yang akan kalian buat. lalu klik oke.

65

  • selanjutnya kalian akan masuk pada halaman pembuatan aplikasi, sebelum memulai membuat program, atur terlebih dahulu screen1 properties yang ada. centang scrollable dan pilih size responsive. lihat gambar dibawah.

66

  • kemudian pilih palette, experimental dan pilih admob. disini ada dua pilihan, yaitu admob banner dan interstitial, pilihlah sesuai kode iklan yang kalian buat sebelumnya di admob. disini saya memilih iklan banner. tambahkan ke screen dengan cara drag and drop pada Admob banner.

67

  • setelah Admob banner berada di screen, klik dan masukkan kode iklan banner admob yang sudah disiapkan. hilangkan centang pada test mode.

68

  • masuk lagi ke bagian palette, cari menu sensors dan pilih clock. elemen ini digunakan untuk mengatur timer yang ada pada aplikasi.

69

  • selanjutnya adalah mengatur logika program agar kode admob ditampilkan, tahap ini memerlukan logika yang tinggi, tidak boleh ngasal, karena jika ngasal iklan tidak akan bisa ditampilkan. sebenarnya juga tidak terlalu susah, kalian hanya perlu drag and drog block yang ada sesuai dengan aplikasi yang kalian kehendaki. caranya klik menu block yang ada di atas screen. dihalaman block ini kalian akan dihadapan dengan menu – menu pemrograman. aturlah block seperti pada gambar dibawah ini.

70

  • saat ini aplikasi untuk menampilakn admob yang kalian buat sudah selesai, sealnjutnya adalah cara untuk mencoba aplikasi tersebut. pilih menu test yang berada di atas screen, kemudian pilih thunkable live.

71

  • buka apilkasi thunkable yang ada di smartphone android kalian dan pilih scan QR code. scan kode QRnya dan tunggu beberapa saat maka aplikasi kalian akan jalan di android kalian.

72

  • jika sudah dirasa sesuai dengan keinginan dan sudah berjalan lancar, selanjutnya save aplikasi dan jadikan apk. dengan cara klik export – app (save .apk to computer).

Tips Meningkatkan Jumlah Download Aplikasi di App Store

Kesimpulan

apa yang kita dapat dari artikel diatas? jadi kesimpulannya adalah, untuk menjadi seoang admob publisher kalian tidak perlu mahir menguasi bahasapemrograman, karena saat ini ada banyak tool untuk membuat aplikasi secara instan, tanpa kode dan hanya drag and drop. contohnya adalah thunkable tersebut. dari sanalah kalian bisa membuat aplikais – aplikasi sederhana sebagai tempat menampilkan admob. yang perlu kalian lakukan adalah mempelajari lebih lanjut tentang tool yang kalian gunakan, untuk bisa menghasilkan aplikasi yang bagus dan bermanfaat bagi semua orang.

3 thoughts to “Tips Mudah Memasang iklan Admob Pada Thunkable”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *