Skip to main content

Tips Mudah Memasang Iklan Admob pada Android Studio

bagi seorang publisher adob, hal yang harus dia kuasai adalah cara pemasangan kode admob pada aplikasi yang akan dia buat. sedangkan cara pemasangan kode pada setiap tool itu berbeda. dan pada blog ini saya akan mencoba mengulas satu persatu dari setiap tool yang paling populer. baik yang mengunakan metode native maupun hybrid. dan untuk artikel ini saya akan mencoba mengulas tentang pemasangan kode admob pada android studio. tapi sebelum menulis tahap – tahapnya, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu android studio.

89

android studio adalah sebuah tool develop aplikasi android yang saat ini paling populer, kenapa paling populer? karena hampir disetiap kampus – kampus yang mengajarkan bahasa pemrograman android selalu menggunakan tool, selain karena mudah juga karena tool ini bisa digunakan secara gratis. sedangkan bahasa yang digunakan dalam tool ini adalah bahasa xml dan java. jadi jika kalian ingin mahir menggunakan android studio kalian harus mahir dalam pemrograman java. itulah sedikit gambaran dari android studio, selanjutnya dibawah ini adalah tips mudah memasang iklan admob pada android studio.

  • pastikan kalian sudah mendafar dan mempunyai kode iklan admob, jika belom mendaftar silahkan masuk dan cek artikel dibawah ini.

Cara Mudah Daftar Admob dan Langsung Diterima

Cara Memebuat Kode Iklan Pada Admob Dengan Mudah

  • jika sudah mempunyai kode iklan admobnya, copy dan simpan pada notepad, agar tidak perlu lagi membuka admob jika kalian lupa kode iklanya. contoh kode iklan admob ca-app-pub-2300667258521717/4878901138
  • pastikan kalian sudah membuat sebuah aplikasi di android studio, dan kita akan menambahkan kode admob pada aplikasi tersebut agar iklan muncul ketika aplikasi dijalankan.
  • tahap selanjutnya adalah menginstall google repository pada android SDK Manager. untuk lebih jelasnya lihat gambar.

79

  • menambahkan perintah build.gradle, agar iklan tampil dan terhubung pada layanan google ads, kalian harus menambahkan baris perintah pada build.gradle, ini bertujuan untuk memonitor kinerja iklan yang ada pada aplikasi. tambahkan baris perintah seperti dibawah ini pada build.gradle.

compile ‘com.google.android.gms:play-services-ads:8.3.0’

80

  • gradle akan memproses barus perintah tersebut, kode itu adalah untuk memproses play-services-ads artifac yang terdapat di Google Repository.Lalu kita sinkronasikan dengan memilih perintah Sync Now.

81

  • menambahan ID Unit iklan, tambahkan kode iklan yang telah disimpan tadi, jangan sampai salah dalam mengedit kode iklan tersebut, karena akan berakibat tidak tampilnya iklan. kode iklan akan ditambahkan pada string.xml. yang berlokasi di NamaAplikasiKalian/app/src/main/res/values/strings.xml. lihat gambar di bawah.

cari dan edit kode yang seperti ini

<stringname=”banner_ad_unit_id”>ca-app-pub-3940256099942544/6300978111</string>

82

  • edit activity_main.xml, setelah menambahkan kode iklan, selanjutnya adalah mengedit activity_main.xml. cari kode seperti dibawah ini.

83

perhatikan pada kode yang diblok warna biru, itulah kode yang harus ditambahkan. lihat gambar dibawah ini.

84

85

  • edit main_activity.java, selain main_activity.xml kita juga harus mengedit beberapa kode yang ada pada main_activity.xml.  untuk baris program yang diedit kalian bisa lihat gambar dibawah.

cari import dan tambahkan baris programna. perhatikan gambar.

86

87

  • jika semua tahap sudah dilakukan, coba jalankan aplikasi android nya, jika berhasil maka aplikasi akan menampilkan iklan banner yang berada di bawah layar, seperti pada gambar dibawah ini.

88

Tips Mudah Memasang Iklan Admob pada Unity3D

Kesimpulan dari tulisan diatas, saya bisa simpulkan bahwa untuk menggunakan android studio memang tidak mudah, banyak program yang harus diedit dan ditambahkan, dan jika ada sedikit kesalahan pada proram juga akan mengakibatkan aplikasi tidak jalan atau program error, ini dikarenakan program pada android studio bersifat case sensitif. jadi jika kalian ingin menggunakan android studio, selalulah teliti program sebelum dijalankan. semoga tulisan ini bisa bermanfaat khusu bagi mereka yang ingin menggeluti dunia iklan terutama admob.

2 thoughts to “Tips Mudah Memasang Iklan Admob pada Android Studio”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *