Skip to main content

Pengertian Website Niche dan Cara Membuatnya

salah satu strategi untuk menghasilkan recehan lewat internet adalah membuat sebuah website yang bagus dan banyak pengunjungnya, sehingga disana kita bisa menjual, memasarkan ataupun hanya menampilkan iklan dari orang lain. tetapi bagaimanacara membuat website atau blog yang ramai pengunjung?? dan website atau blog yang bagaimana yang banyak dicari oleh orang – orang?? ini adalah sebuah pertanyaan umum yang selalu ditanyakan oleh mereka yang akan memulai bisnis melalui internet. kebingungan akan topik atau konten apa yang akan mereka angkat dalam website tersebut. apalagi bagi mereka yang memulainya hanya karena ikut – ikutan saja, mereka belum mempersiapkan dengan baik apa saja yang diperlukan ketika akan memulai membuat website atau blog. ada beberapa jenis website yang ada dilluaran, dan salah satunya adalah website atau blog niche. lalu apa itu website niche??  diartikel ini saya akan sedikit menjelaskan pengertian dan cara membuat website tersebut.

Apa itu website niche??

sebenarnya website niche ini tidak jauh berbeda dari website kebanyakan yang ada diluaran, yang menjadi perbedaan mendasar dari website niche adalah topik atau tema yang akan kalian bahas dalam website atau blog tersebut.

website niche biasanya hanya difokuskan pada sedikit topik, atau hanya satu topik tertentu. jadi semua konten yang ada dalam website tersebut hanya berpusat pada satu titik. misalnya jika ingin membuat website niche penjualan online, maka fokuskan pada satu macam barang, sehingga akan lebih mudah untuk menuliskan detai dari barang tersebut. contoh, membuat website niche dengan topik penjualan smasrtphone.

atau blog niche dengan artikel tertentu, kalian harus menuliskan artikel yang berfokus pada beberapa topik saja. misalnya blog tentang wisata, maka yang harus kalian tuliskan adalah semua tentang tempat wisata.

Membuat website atau blog niche

untuk membuat website yang niche juga tidak segampang yang dipikirkan, kalian harus melakukan tahap – tahap tertentu, dan terkadang tahap – tahap itulah yang membuat para blogger malas, sehigga website atau blog mereka jadi apa adanya., jadi bukan niche lagi. dan beriktu ini adalah tahap – tahap yang harus dilakukan untuk membuat webiste niche.

  • Melakukan riset kata kunci (keyword)

yang pertama harus kalian lakukan adalah meriset kata kunci, mencari kata kunci yang relevan dengan topik websute yang akan kalian buat. jangan dikira untuk melakukan riset kata kunci ini gampang, karena ketika kalian memustuskan untuk mengambil satu kata kunci dan menuliskan pada tool riset, maka yang akan keluar adalah puluhan, bahkan ratusan kata kunci. dan kalian harus memilih satu diantara. jika salah dalam memilih, bukan mendapat niche yang bagus, malah kalian akan mendapat niche yang buruk. dan sudah dipastikan website kalian akan sepi pengunjung.

dalam meriset kata kunci, mulailah dengan kata kunci yang luas, dan kemudian kalian kerucutkan sampai pada kata tertentu, dari situlah kalian bisa memulai memposting sebuah artikel. contoh :

  1. blogging – tips blogging – blogging untuk pemula.
  2. komputer – cara merakit komputer – cara merakit komputer dengan mudah.
  3. tinggi badan – cara meninggikan badan – cara mudah meninggikan badan.

Cara Sederhana Riset Keyword Untuk Blog

ada banyak tool yang bisa kalian gunakan untuk meriset kata kunci, ada yang gratis ada juga yang perbayar, tinggal kalian pilih saja salah satunya. disini bukan masalah tool yang digunakan, tapi bagaimana kalian bersedia dalam melakukan riset kata kunci atau tidak. dan bagaimana kalian memilih sebuah kata kunci yang bagus dan menarik, yang pastinya harus berbeda dari kata kunci lain dalam topik yang sama.

  • Pemilihan nama dmoain dan web hosting

tahap selanjutnya adalah pemilihan nama domain dan web hosting yang akan menjadi tempat dimana website anda dikelola. ini juga tahapan yang penting, karena jika kalian salah dalam menentukan domain, maka website kalian pasti akan sepi. carilah domain yang berkaitan tentang niche yang telah kalian pilih, misalnya jika niche kalian tentang merakit komputer, maka kalian bisa menggunakan domain rakitkomputer.com dan lain sebaginya.

selanjutnya adalah memilih hosting, biasanya para blogger profesional akan langsung menentukan dimana mereka akan menyewa hosting, di Indonesia sendiri sudah banyak tempat sewa webhosting yang bisa kalian manfaatkan, untuk biasanya bisa kalian lihat sendiri di website mereka. atau jika masih ragu, kalian bisa menggunakan hosting gratis dari wordpress atau blogger.

  • Template website yang SEO friendly

jika kalian menggunakan wordpress, kalian harus pandai – pandai dalam memilih template. karena template juga pasti berpengaruh pada website niche kalian. biasanya template yang disukai oleh pembaca adalah template yang sederhana dan mudah digunakan. font yang jelas dan tata letak menu yang gampang dicari. kalian bisa memuat sendiri templatenya, atau jika kalian belom bisa maka kalian bisa membeli dari para penjual template. tapi jika kalian masih pemula, lebih baik menggunakan template bawaan dari wordpress.

  • Memasang plugin yang diperlukan

setelah memilih template yang SEO friendly, selanjutnya instalah beberapa plugin yang diperlukan dalam website kalian. sangat banyak plugin yang disediakan, tapi pilih saja beberapa untuk diinstal, karena jika kebanyakan plugin maka website kalian juga akan berat ketika loading. website yang baik adalah website yang ringan, dalam artian loadingnya cepat, dan tidak memerlukan banyak kuota untuk membukanya.

  • Konten relevan

tahap yang menjadi ini dalam pembuatan website adalah tahap posting konten. mengapa? karena itulah isi dari website kalian. buatlah konten yang relevan dan berkualitas, jangan asal membuat postingan yang nantinya malah akan mengurangi jumlah pengunjung. untuk membuat konten yang relevan kalian bisa melihat di postingan lain pada blog ini.

Membuat Konten Berkualitas Yang Disukai Google

  • Membuat backlink untuk website

untuk membuat backling yang berkualitas kalian juga tidak boleh asal, ada cara – cara yang harus kalian lakukan agar mendapat backlink yang bagus dan kuat. backlink adalah salah satu dari SEO OffPage yang sangat berpengaruh pada page rank dari blog kita. dengan backlink kita bisa meningkatkan kata kunci dari blog kita pada mesin pencarian, tapi buatlah backlink yang bagus dan tidak terkesan spamming.

  • Kesimpulan

jadi kesimpulan dari artikel diatas adalah bahwa untuk membuat sebuah website yang niche maka kita harus melakukan tahapan yang tepat. dan setiap tahapan juga harus dilakukan dengan cara yang benar. sehingga website yang kita buat bisa optimal dan disukai pengunjung, karena jika website kita disukai pengunjung, maka otomatis juga akan disukai google, dan ini akan sangat mudah jika kita ingin memanfaatkan website kita sebagai lahan bisnis. semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian yang setia membacanya.

One thought to “Pengertian Website Niche dan Cara Membuatnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *