Skip to main content

Cara Sederhana Riset Keyword Untuk Blog

keyword adalah sebuah kata kunci yang diketikan pada mesin pencari google, memilih keyword yang bagus akan sangat berpengaruh pada banyak sedikitnya pengunjung pada sebuah blog, jadi jika kita tepat memilih keyword yang sesuai dengan topik blog yang kita kelola maka bisa dijamin bahwa pengunjung blog tersebut akan sangat banyak. tapi sebaliknya jika kita salah memilih keyword maka jangan heran jika blog yang kita kelola akan sangat sepi.

Pengertian SEO dan Cara Menerapkannya

banyak para blogger yang berhenti ngeblog karena blog sepi pengunjung, menjadikan males untuk posting dan akhirnya sama sekali dan meningglkan dunia blog. kasus seperti ini sudah sangat banyak. maka kita harus teliti saat memilih keyword yang akan kita gunakan sebagai judul postingan.

Pengertian sederhana riset keyword. apa sih riset keyword itu? riset keyword itu adalah cara yang dilakukan oleh seorang blogger untuk memilih dan membuat sebuah judul postingan yang bertujuan membuat blog kita berada di halaman pertama google. riset keyword adalah sebagian dari SEO, sedangkan kita sudah tahu bahwa SEO itu adalah cara mengoptimalkan pencarian di google.

jika kalian tidak mau repot – repot dengan riset keyword, sebenarnya juga tidak masalah, hanya saja mungkin blog kalian tidak bisa maksimal. dan alternatifnya adalah promosi manual menggunakan sosial media.

riset keyword ini sebenarnya cukup mudah, kalian hanya harus mencari kata kunci yang sering dicari oleh pengunjung blog, dan kemudian memodifikasi sesuai dengan topik pada blog kalian.

misalnya, jika kalian ingin mencari tentang blog, maka kata kunci apa yang kira – kira sesuai atau berkaitan dengan kata blog. misalnya “pengertian blog” atau “membuat blog”, atau “meramaikan blog” ataua yang lainnya.

Apa saja jenis keyword yang sering digunakan? ada banyak jenis keyword yang sering digunakan, ini mungkin yang menyebabkan sebagian dari para blogger malas untuk riset keyword. lalu ada apa saja jenis keyword itu?

ada empat jenis keyword yang paling umum digunakan untuk SEO, walaupun sebenarnya masih banyak lagi jenis keyword dalam mesin pencari. dan dibawah ini adalah empat diantaranya.

  • Short tail keyword. jenis keyword ini biasnaya hanya terdiri dari satu atau dua kata, inimnyebabkan tingkat persaingan untuk keyword ini sangat tinggi. hanya mereka yang sudah menjadi seorang master SEO yang sering mengunakan keyword jenis ini. sedangkan untuk blog pemula disarankan untuk menghindari jenis keyword ini. contoh short tail keyword : komputer, jual komputer, komputer murah, jenis komputer dan lain sebagainya.
  • Long tail keyword. jenis keyword ini sebenarnya adalah versi panjang dari short tail. keyword ini sangat disarankan untuk blogger pemual karena tingkat persaingan yang tidak begitu tinggi, dan jika penggunaannya tepat dan jitu maka bisa saja blog kalian berada pada halaman pertama google. contoh jenis keyword ini adalah : cara merakit komputer sendiri, daftar harga komputer bulan ini, jenis komputer dan spesifikasi komputer dan lainya.
  • Keyword abadi. keyword yang tidak akan basi atau tidak akan mati walaupun waktu berganti. biasanya orang akan selalu mencari keyword seperti ini setiap saat, dan yang lebih baik lagi jika keyword abadi ini bisa menjangkau segala usia. jenis keyword ini biasanya didominasi dengan tutorial atau cara meakukan sesuatu, atau bisa juga cara mengiati penyakit. contohnya : cara membuat kue, cara mengobati sakit perut, tutorial menggunakan jilbab.
  • Keyword musiman. jenis keyword yang biasanya hanya populer untuk waktu yang sesaat, atau hanya dalam jangkuan minggu sampai satu bulan. keyword ini biasanya tentang sebuah peristiwa. sebuah website portal berita yang biasanya sering menggunakan keyword jenis ini. contohnya : hasil pertandingan, peristiwa yang terjadi pada hari ini dan lainnya.

Menggunakan tool apa untuk melakuakn riset keyword? sebenarnya sudah sangat banyak tersedia tool – tool riset keyword. tapi biasanya tool tersebut perbayar. tapi tentu juga ada yang gratis, walau fitur yang ada tidak selengkap seperti tool yang perbayar. tool gratis yang saya maksudkan adalah Google Adword : Keyword planner dan Ubersuggest.

yang harus kalian lakukan sebelum melakukan riset keyword adalah mencari benih keyword, ini adalah sebuah keyword yang akan menghasilkan keyword turunan yang nantinya bisa kalian gunakan dalam menentukan keyword selanjutnya. biasanya keyword ini terdiri dari sau kata jadi termasuk shrot tail keyword, kalian bisa memikirkan tentang keyword apa yang sesuai dan berkaitan dengan topik pada blog. selanjutnya masuk ke tool riset keyword dan masukan benih keyword, lihatkeyword yang bisa dihasilkan dari benih keyword tersebut.

7 Metode Yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Uang Lewat Blog (Monetisasi)

kesimpulan dari tulisan ini adalah tentang pengertian sebuah keyword dan riset keyword, ini adalah hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum memposting tulisan atau membuat artikel yang berkualitas dalam segi SEOnya. dan riset keyword sendiri adalah bagian awal dari penerapan SEO dalam sebuah blog. semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi para pembaca.